Home > Troubleshooting > Mencegah file di Blackberry kita hilang

Mencegah file di Blackberry kita hilang

Kenapa terkadang kita mengalami kehilangan data di Blackberry?

Data-data yang dimaksud disini adalah data pribadi termasuk SMS, email, Call Log, and Chat History. Data-data ini adalah yang tersimpan di memori virtual, tidak seperti Address Book, Calendar, yang boleh dibilang tersimpan di dalam fix memory. Pernahkah anda secara tiba-tiba mengalami kehilangan data-data tersebut dalam memori virtual?

Kalau iya, anda terkena “hantu pemakan email (HPE)”, begitulah sebut para pengguna-pengguna senior Blackberry.

Mengapa ini bisa terjadi? Pada dasarnya, Blackberry menyediakan memori virtual yang bisa digunakan oleh user untuk beraktivitas. Seiring dengan aktifitas pengguna, seperti banyaknya email SMS yang diterima, banyaknya chatting yang dilakukan, itu semua mengurangi memori yang telah dialokasikan Blackberry pada awal Blackberry dinyalakan. Anda bisa lihat di options → status. Di halaman itu, anda bisa melihat kolom “file free:”. Angka di “file free” it terus berkurang seiring pemakaian. Nah, bila angka itu secara tidak sadar berubah menjadi 0, bekerjalah hantu pemakan email. Jadi, pada dasarnya, blackberry memiliki system me”reset” virtual memori.

Bagaimana cara menangkalnya?

Simple, sediakan memori lebih! Bagaimana caranya? Ok, cara yang dimaksud disini ada yang simple ada yang advance. Mari kita bahas yang simple dulu..

– Hapus aplikasi yang tidak terpakai. Biasanya aplikasi seperti “blackberry video sample” atau “help” itu yang paling sering bisa dihapus dan bisa menghemat banyak tempat. Coba lihat daftar aplikasi di Options → Advance Options → Applications.

– Ubah lama waktu email tersimpan. Pada dasarnya lamanya email tersimpan di inbox Blackberry bisa diatur. Dari 15 hari yang tercepat, sampai selamanya. Saran, ubah jadi yang paling cepat, 15 hari. Caranya masuk ke messages, tekan tombol menu, options → General Options, di bawah ada “Keep messages”, ubah jadi 15 days.

– Hapus log. Pergi ke layar utama, sambil menahan alt, tekan secara berurutan L, G, L, G. Lalu tekan tombol menu, clear log.

– Rajin-rajin mengehapus conversation di chat bila sudah selesai. Apalagi yang “mengandung” gambar atau suara di dalamnya.

– Anda juga bisa menginstall chat client yang menggabungkan beberapa chat client yang ada. Contoh JiveTalk, IM+, WebMessenger. Sehingga daripada anda menginstall 3 – 5 chat client terpisah, anda cuma perlu menginstall 1.

– Pastikan anda menyimpan gambar, suara, atau video di dalam kartu memori anda.

– Lakukan soft reset paling sedikit satu kali tiap 2 hari. Cara cepatnya tekan kombinasi tombol alt + shift yang terletak di pojok kanan bawah + del. Atau anda bisa matikan Blackberry, lalu nyalakan lagi. Sebenarnya, asal anda rajin melakukan cara terakhir ini setidaknya 1 hari sekali, saya jamin HPE tidak akan menyerang. Ingat, kata kuncinya disini, rajin!

Cara yang lebih advance yang dimaksud melibatkan penggunaan komputer/PC. Sampai saat ini disarankan untuk menggunakan yang berbasis Microsoft Windows. Hingga saat ini Mac, Linux, atau sistem operasi lainnya belum bisa. Cara yang lebih advance melibatkan menggunakan Desktop Manager, program dasar pemberian Blackberry yang memiliki fitur seperti backup/restore, singkronisasi, install aplikasi, etc.

Contoh cara-cara yang lebih advance adalah:

– Melakukan Firmware Upgrade. Beberapa beda versi dari firmware memiliki sistem memory management yang berbeda. Seharusnya semakin baru semakin bagus sehingga lebih banyak ruang memori. Beda versi firmware juga memiliki kemampuan yang berbeda dari sisi power management. Yang berarti bisa membuat batere Blackberry lebih kuat. Banyak sekali yang bisa dibicarakan mengenai firmware update. Penulis akan coba bahas di lain kesempatan.

– Menghapus beberapa .cod files. .cod files adalah file2 yang diperlukan untuk menjalankan program. Beberapa program default seperti push to talk, TTY service, Voice Activated Dialing itu tidak dibutuhkan seperti halnya language file selain bahasa Inggris. Semua ini bisa dihapus tetapi tidak melalui Blackberry.

Ada baiknya belajar dari melakukan yang lebih mudah terlebih dahulu. Sebelum masuk ke tahap advance. Tahap advance bisa berakibat fatal bila dilakukan salah. Blackberry mati total adalah salah satu contohnya. Penulis tidak bisa menanggung segala cara yang tidak disarankan.

Posted from ardiansyah BlackBerry.

Categories: Troubleshooting
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: